Thursday, November 20, 2008

Kee Marcello

. Thursday, November 20, 2008




Nama Lengkap : Kjell Hilding Lövbom
Panggilan : Kee
Tempat/Tgl Lahir : Ludvika, Swedia / 20 Februari 1960
Website : www.keemarcello.com
Gaya Permainan : Hard Rock, Heavy Metal
Pengalaman Band : Joker, Easy Action, D'Accord Mahavisnu Orchestra, Norbom Hilke, Kee & the Kick, Europe
Group Band sekarang : K2
Gitaris Favorit : Frank Zappa, Carlos Santana, Neal Schon’s (Journey)
Band Favorit : The Beatles, Deep Purple, Uriah Heep, Sweet dan Kiss
Gear Yang Pertama Dibeli : Gitar tiruan Les Paul “Bucket n Ricker”, TRAYNOR 100 Watt tube amplifier dan MARSHALL 4*12 cabinet.


Kee Marcello Adalah salah satu gitaris yang dihasilkan oleh Swedia,namanya memang tidak sebesar Yngwie Malmsteen. Tapi keahliannya mengolah jari di gitar tidak kalah hebatnya. Kee Marcello mulai terkenal saat ia diminta menggantikan John Norum sebagai gitaris Europe.Keahlian bermain gitarnya dapat dilihat dari “Kee Marcello video, 1992”, dimana ia menunjukan kebolehannya dalam mengolah ke delapan jarinya dalam memainkan melodi gitar.

Ketika masih kecil, Kee sangat gemar mendengarkan musik-musik The Beatles. Saat mulai memasuki usia remaja, ia terpengaruh oleh musik-musik rock dari Kiss, Deep Purple, Uriah Heep, dll. Kemudian ia dan teman-teman sebayanya bermain-main dengan raket tenis, seolah-olah menjadi gitaris rock ternama. Akhirnya ia mulai mempelajari gitar bersama temannya. Gitar elektrik pertama diperolehnya ketika hari Natal.

Setelah sering berlatih chords dan riff, akhirnya ia mulai ngejam dengan beberapa orang. Ia membentuk band pertamanya, Joker. Dimasa-masa awal ngeband ia menggunakan gitar model Les Paul. Bakat Kee yang sangat besar membuatnya cepat menguasai gitar. Ia kemudian sempat bermain bersama Mahavisnu Orchestra, Chick Corea, Frank Zappa, Pink Floyd, Santana. Setelah itu ia membentuk band bernama D'Accord, dan sempat merilis 2 single.

Pertengahan tahun 80an, Kee sempat bekerjasama dengan beberapa musisi metal dari Swedia dalam sebuah project Swedish Metal Aid (SMA). SMA memiliki format seperti kelompok kolaborasi musisi untuk beramal dan berkampanye sosial melalui musik. Kalau di dunia musik pop sempat dikenal kelompok 'USA for Africa' yang berisikan Michael Jakcson, Stevie Wonder, Gloria Estefan, dll juga ada Bravo All-Stars yang berisikan Aaron Carter, The Moffatts, Gil Ovarim, Backstreet Boys, dll. Hasil project Swedish Metal Aid disumbangkan ke orang-orang yang membutuhkan di Eutophia. Beberapa tahun kemudian, Kee masuk kedalam band yang saat itu tengah di puncak popularitas dan menjadi pembicaraan banyak orang, Europe. Di band ini ia menggantikan John Norum yang memutuskan keluar. Album Europe berikutnya yang berjudul Out Of This World (1988) menjadi awal karir Kee bersama Europe. Dalam album ini, salah satu lagu yang terkenal dengan solo gitar Kee yang keren ada di lagu Superstitious.

Namun karir Kee bersama Europe juga tidak begitu panjang. Sebab wabah musik 'Grunge' telah mengubur sebagian pasar musik Europe dan band-band rock 80's lainnya. Tahun 1995 Kee merelease album solo perdananya Shine On. Tahun 2003 ia membentuk band K2 dan telah menghasilkan album 'Melon Demon Divine'

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

My Friend

parkerbluerockzz is proudly powered by Blogger.com | Template by parkerbluerockzz.com