Wednesday, November 19, 2008

Luca Turilli

. Wednesday, November 19, 2008


LUCA TURILLI
"Shredder dengan komposisi yang menakjubkan dan orchestration sempurna"


Nama Lengkap: Luca Turilli
Website Resmi: Rhapsody
Tempat/Tgl Lahir: 5 Maret 1972 di Trieste, Italia.
Group Band Saat Ini: Rhapsody
Group Band Sebelumnya: N/A
Band Favorit: Manowar, Yngwie Malmsteen, Blind Guardian, Crimson Glory, Symphony X dan Nightwish
Pengaruh: Paganini, Bach, Vivaldi, Soundtracks, classic and medieval music
Gitar: Ibanez S-Series
Keahlian: Sweeping, Orchestration, Song Composition dll.

Kalau Anda mencari shredder yang komposisinya mengarah ke jaman-jaman pertengahan atau yang lebih dikenal dengan nama the dark ages, Luca Turilli lah orangnya. Permainan gitarnya tidak terlalu technical dalam arti Luca Turilli tidak banyak menggunakan teknik bermain gitar yang dipakai shredder pada umumnya. Dia hanya menggunakan sweeping, alternate picking dan sedikit tapping tanpa bending sedikitpun.

Yang menarik dan mengagumkan dari Luca adalah kemampuannya mengaransemen lagu-lagu yang bertemakan fantasi, sihir dan symphonic. Luca sendiri mendeskripsikan musik nya sebagai Epic Symphony Metal atau Hollywood Metal. Dalam lagu-lagunya Luca lebih memilih untuk menggunakan alat musik seperti biola, viola, cello dan contra bass untuk menunjang komposisinya daripada menggunakan keyboard untuk menggantikan alat-alat musik tersebut. Tidak ketinggalan selalu ada paduan suara (koor) gothic dan penyanyi opera untuk lebih membawa pendengarnya ke alam fantasi yang ingin disajikannya.

Luca memulai permainan gitarnya pada umur 16 tahun dan mendapatkan pengaruh dari dewa-dewa gitar seperti Yngwie Malmsteen, Jason Becker, Tony MacAlpine dan Vinnie Moore. Ia menyukai permainan gitar yang banyak memasukkan nada-nada musik klasik. Gitaris favorit nya adalah Jason Becker dan Luca menyatakan bahwa permainan gitar Jason dengan Marty Friedman di album Cacophony merupakan Holy Bible dari teknik sweet picking. Tapi dalam hal komposisi dan aransemen, Luca mengatakan bahwa ia mendapatkannya dari film-film Hollywood dengan special effect dan soundtrack yang luar biasa. Menurutnya kombinasi antara audio dan visual sangatlah menakjubkan dan inilah sebabnya Luca selalu memuat gambar-gambar yang sangat mendetail dalam setiap album yang dirilisnya. Hal ini dimaksudkan agar para pendegar bisa lebih terbawa ke alam fantasi yang diciptakannya.

Setelah merilis 2 album dengan Rhapsody (Legendary Tales dan Symphony of Enchanted Lands), Luca yang sedang melakukan promo tour Symphony of Enchanted Lands dengan Rhapsody menulis lagu-lagu pada waktu senggangnya dan sekembalinya Rhapsody ke Italia, ia langsung mengerjakan melodi dan aransemennya dan memutuskan untuk merilis album solo. Akhirnya pada tahun 1999 Luca merilis album solonya yang berjudul Kings of the Nordic Twilight yang merupakan CD pertama dari trilogy yang diberinya judul Virtual Odyssey.

Total album Rhapsody yang sudah dirilis sampai sekarang (2002) sudah ada 5 album yang semuanya merupakan sebuah cerita yang berkelanjutan. Dari Legendary Tales (1997), Symphony of Enchanted Lands (1998), Dawn Of Victory (2000), Rain of a Thousand Flames (2001) sampai Power of the Dragonflame (2002) kelima album ini merupakan satu cerita yang dinamakan Emerald Sword Saga. Dan di albumnya yang terakhir (Power of the Dragonflame) Luca menulis satu lagu dalam bahasa Italia (Lamento Eroico) yang bertema melankolis. Rencananya Rhapsody akan merilis album Rhapsody in Black di tahun 2003 dan kemudian membuat Saga baru dari cerita Lord of the Rings.

1 comments:

Rajesh Poudel said...

hi it's nice blog
Me rajesh from Nepal
mail me rajeshkrp111@gamil.com
and also visit my blo
www.rajesh420.blogspot.com

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

My Friend

parkerbluerockzz is proudly powered by Blogger.com | Template by parkerbluerockzz.com